BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
“ Pendidikan merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pembangunan sumber daya manusia, oleh sebab itu sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan, maka dipandang perlu adanya upaya yang dilaksanakan secara terencana, terarah, dan terpadu untuk menyempurnakan kegiatan-kegiatan sekolah , sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan lebih optimal dan memenuhi harapan semua pihak yang berkepentingan (stakeholders)”.
Upaya-upaya yang terus bergulir dalam rangka peningkatan kualitas (quality) dan pemerataan kesempatan (equity) pendidikan diantaranya melalui penerapan program wajib belajar 9 tahun, standarisasi kurikulum, proses, ketenagaan, pembiayaan, sarana/prasarana, kompetensi lulusan, penilaian, dan manajemen dan pencitraan publik.
Semua komponen tersebut digulirkan dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah sehingga sekolah sebagai tatanan penyelenggara pendidikan terdepan mampu memberikan jawaban terhadap permasalahan-permasalahan pendidikan yang terus mengemuka sesuai dengan perkembangan dan dinamika masyarakat.
Salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah yaitu dengan adanya Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional,dan Peraturan Pemerintah Nomor : 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional.
Oleh sebab itu pengembangan kegiatan sekolah dipandang perlu sehingga sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Untuk mewujudkan program tersebut setiap sekolah harus memiliki pedoman pelaksanaan kerja berupa program kerja, dan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS).
Agar sekolah dapat menyelenggarakan pendidikan dengan baik, maka perlu disusun program kerja sekolah yang dapat dijadikan panduan dalam pengelolaan sekolah tersebut diantaranya sekolah harus mampu memberdayakan sumber daya yang ada dengan memperhatikan kapasitas sekolah itu sendiri.
Dengan berdasar pada uraian di atas, maka kami warga sekolah SD DAYA SUSILA UPTD Pendidikan Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, mencoba menyusun Rencana Kerja Sekolah ( RKS ) yang berbentuk Rencana Kerja Tahunan ( RKT )
- Libu/Bapasan
Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ) agar SD Daya Susila UPTD Pendidikan Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Rencana Pengembangan Sekolah tersebut disusun berdasarkan bahwa sekolah merupakan unit pelaksana pendidikan formal dengan berbagai keanekaragaman potensi peserta didik yang memerlukan layanan pendidikan yang beragam pula.
Dasar pemikiran inilah yang mendorong munculnya suatu pendekatan yang dikenal dengan istilah Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah ( MPMBS ) atau School Based Quality Managemen. Pengembangan lebih lanjut tentunya memerlukan suatu perencanaan yang sangat matang yang tertuang dalam Rencana Strategis Sekolah.Oleh karena itu ,maka sekolah harus dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya untuk mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan dan sekaligus peningkatan sumberdaya manusia. Dengan rencana pengembangan sekolah ini diharapkan dijadikan pedoman kerja serta sebagai acuan dalam upaya pengembangan sekolah.
- Maksud dan Tujuan
- Maksud
Maksud pembuatan program kerja / Rencana Kerja Tahunan ini untuk memberikan gambaran tentang pola kerja dan arah tujuan bagi pengelola sekolah dalam melaksanakan tugasnya pada kurun waktu satu tahun kedepan,sehingga dalam oprasionalnya dapat lebih efektif dan efisien,sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan.
- Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan Rncana Kerja Tahunan ( RKT ) ini adalah :
- Sebagai pedoman dan landasan kerja dalam pelaksanaan program sekolah, sehinggadapat menjamin agar perubahan atau tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapatdicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
- Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat, sehingga semua “Stake Holders “ sekolahmengetahui dan memahami tentang rencana implementasi sekolah.
- Mendukung koordinasi antar pelaku pendidikan di sekolah.
- Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antarsekolah dan dinas pendidikan kabupaten/kota, dan antarwaktu.
- Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.
- Menjamin tercapainya penggunaan sumber-daya secara efisien, efektif, berkeadilandan berkelanjutan.
- Sebagai dasar dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi pada saat berlangsungnya kegiatan dan akhir program.
BAB II
DATA SEKOLAH DAN HASIL PROGRAM KERJA TAHUN SEBELUMNYA
- Data Sekolah
- Data Pendidik Dan Tenaga Kependidikan
No. | NAMA
NIP |
JENIS KELAMIN | JABATAN | PANGKAT
GOL/RUANG |
PENDIDIKAN
TERAKHIR |
MENGAJAR
DI KELAS |
Anggi Perdana Kusuma | L | Guru Kelas | GTY/PTY | S.Pd, M.M. | 3 | |
Asep Ahmad Hidayat | L | Guru Mapel | Guru Honor Sekolah | S.Pd | 1-6 | |
Debby Rizki Amalia | P | Guru Kelas | GTY/PTY | S.Pd, M.Pd | 6 | |
ERNAWATI | P | Guru Kelas | GTY/PTY | 2 | ||
Moh Japar Rohman | L | Guru Mapel | GTY/PTY | S.Pd | 1-6 | |
Tedi Rustandi | L | Kepala Sekolah | GTY/PTY | S.Pd | – | |
Teni Rostini | P | Tenaga Administrasi Sekolah | GTY/PTY | TU | ||
8. | Tiara Putri Pertiwi | P | Guru Kelas | GTY/PTY | M.Ked, S.Pd | 1 |
9.
|
Wong Siw Fong | P | Guru Kelas | GTY/PTY | 4 | |
10. | YAYU SRI RAHAYU | P | Guru Kelas | GTY/PTY | S.Tr.A.B, S.Tr.A.B, S.Tr.A.B, S.Pd | 5 |
- Data Peserta Didik
JML
ROMBEL |
KELAS | |||||||||||||||
I | II | III | IV | V | VI | JUMLAH | ||||||||||
L | P | L | P | L | P | L | P | L | P | L | P | L | P | TOTAL | ||
6 | 19 | 12 | 7 | 14 | 15 | 8 | 13 | 20 | 10 | 11 | 14 | 7 | 78 | 72 | 150 | |
- Data Komite Sekolah
SUSUNAN PENGURUS KOMITE SD DAYA SUSILA
MASA BAKTI 2021-2024
1. | KETUA | : | KEVIN HOTLAN SAGALA |
2 | SEKRETARIS | : | |
3 | BENDAHARA | : | |
4 | PENGURUS BIDANG | : | |
1.PERENCANAAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN | : | ||
2.SARANA DAN PRA SARANA PENDIDIKAN | : | ||
3.JARINGAN KERJASAMA DAN SISTIM INFORMASI | : | ||
4.PARTISIPASI DAN ASPIRASI MASYARAKAT | : | ||
5.ANGGOTA | : |
Data Sarana Prasarana
- Keadaan Bangun
No. | TAN | RUANG KELAS | RUANG KEPALA | RUANG GURU | WC | |||||||
Luas m2 | Status | Baik | Sedang | Rusak | Baik | Sedang | Rusak | Baik | Sedang | Rusak | ||
1 | 5.700 | HGP | 6 | – | – | – | – | 1 | – | – | 2 |
- Keadaan Meubelair
No. | NAMA BARANG | BAIK | SEDANG | RUSAK | JUMLAH | KET |
1 | Meja Murid | 80 | 50 | 130 | ||
2 | Kursi Murid | 140 | 120 | 260 | ||
3 | Meja Guru | 9 | 3 | 12 | ||
4 | Kursi Guru | 9 | 3 | 12 | ||
5 | Lemari | 6 | 3 | 9 | ||
6 | Papan Tulis | 6 | 6 | |||
7 | Rak /LemariBuku | 6 | 2 | 8 | ||
8 | Kursi Tamu | 1 | 1 | |||
9 | Papan Data | 8 | 2 | 10 |
BAB III
ORGANISASI SEKOLAH
- Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI
PKSU ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN
SD DAYA SUSILA
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN GARUT KOTA KABUPATEN GARUT
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
- Rincian Tugas
- Pembagian Tugas Mengajar :
- Kelas I : TIARA PUTRI PERTIWI,S.Pd.,SD
- Kelas II : ERNAWATI,S.Pd
- Kelas III : ANGGI PERDANA KUSUMA,S.Pd.,MM
- Kelas IV : WONG SIW FONG,SE
- Kelas V/A : YAYU SRI RAHAYU,S.Pd
- Kelas VI : DEBBY RIZKI AMALIA,S.Pd.,M.Pd
- Pembagian Tugas Manajemen dan Administrasi Sekolah
- Bidang Kurikulum
- Menyusun pembagian tugas mengajar
- Menyusun jadwal pelajaran
- Menyusun program tahunan
- Menyusun program jangka menengah
- Menyusun KTSP dan silabus
- Mengatur pelaksanaan evaluasi pembelajaran
- Mengatur norma kenaikan kelas
- Mengatur program remidial
- Bidang Administrasi & Manajemen
- Mengelola surat menyurat
- Membuat laporan kegiatan
- Bidang Organisasi / Kelembagaan
- Bidang Sarana & Prasarana
- Mengatur kebutuhan barang yang diperlukan sekolah
- Mengatur pemeliharaan barang yang ada
- Menginventarisir barang milik sekolah
- Bidang Pendidik & Tenaga Kependidikan
- Mengatur administrasi kepegawaian
- Mengatur kesejahtraan pegawai
- Mengatur pembinaan pegawai
- Bidang Pembiayaan / Pendanaan
- Mengatur pengadaan dana
- Mengatur penggunaan dana
- Melaporkan penggunaan dana
- Bidang Peserta didik
- Mengatur penerimaan siswa baru
- Mengatur pengisian data siswa
- Mengatur bimbingan pada siswa
- Mengatur pembagian kelas/tugas mengajar
- Mengatur absensi siswa
- Mengerjakan buku mutasi siswa
- Mengatur waktu belajar siswa
- Mengatur kegiatan ekstrkurikuler
- Mengatur kegiatan pengembangan potensi siswa
- Mengatur perlombaan siswa
- Mengatur pelepasan siswa/kenaikan kelas
- Bidang Kemasyarakatan
- Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat
- Mengatur hubungan sekolah dengan lembaga / intansi lain
- Mengatur hubungan sekolah dengan orang tua siswa
- Mengatur hubungan sekolah dengan dunia usaha
- Mengatur pentas seni / kenaikan kelas
- Bidang Lingkungan Budaya
- Pengaturan kebersihan sekolah
- Penjagaan keamnan sekolah
- Pengaturan kamar mandi/wc sekolah
- Pengaturan halaman sekolah
- Pengaturan kebun/taman sekolah
- Pengaturan kelas/ruang belajar
BAB IV
RENCANA KEGIATAN TAHUN 2023/3024
- RENCANA KEGIATAN
Sasaran | Program ( Indikator ) | Kegiatan | Indikator Kegiatan | Penanggung Jawab |
Pengembangan Kompetensi Lulusan |
1.Kompetensi Lulusan Akademik |
1.Analisis Standar Kompetensi Lulusan 3 Mapel
2.Proyeksi soal berdasarkan SKL
3 Pengayaan UN
5. Latihan UN / Try Out UN
5.Ujian Sekolah 7 Mata Pelajaran
|
1.1 Menganalisis Standar Kompetensi lulusan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,IPA dan Matematika 2.1 Mengumpulkan bank soal 2.2 Meproyeksikan soal sesuai dengan SKL
1.1 Menyusun jadwal pengayaan UN 1.2 Melaksanakan pengayaan UN 1.1 Pembuatan Kis-kisi 3 Mata Pelajaran 1.1 Pembuatan naskah soal 3 Mata Pelajaran 1.2 Penggandaan soal 3 Mata Pelajaran 1.3 Pelaksanaan Try Out 1.4 Pemeriksaan hasil TO
5.1 Pembuatan Kisi-kisi Ujian Sekolag 7 Mapel 5.2 Pembuatan Soal Ujian Sekolah 7 Mapel 5.3 Pembuatan soal Ujian Praktek 5.4 Penggandaan soal Ujian 7 Mata Pelajaran 5.5 Pelaksanaan Ujian Tertulis dan praktek 5.6 Pemeriksaan hasil Ujian sekolah 7 Mapel |
Kepala Sekolah dan Guru kelas |
2.Kompetensi Lulusan Non Akademik |
1. O2SN
2.SPKSG |
1.1 Menyeleksi siswa calon peserta O2SN 1.2 Menyusun jadwal kagiatan latihan 1.3 Melaksanakan latihan 1.4 Mengikuti Pelaksanaan O2SN 2.1.Menyeleksi siswa calon peserta SPKSG 2.2 Menyusun jadwal kagiatan latihan 2.3 Melaksanakan latihan 4.4 Mengikuti Pelaksanaan SPKS |
Kepala Sekolah dan Guru kelas |
|
Pengembangan Kurikulum ( KTSP ) | 1.Pengembangan KTSP ( Dok 1 ) | 1. Merumuskan Pembuatan KTSP Dokumen 1 (Revisi ) | 1.1 Menjalin kerjasama dengan komite sekolah dan stake holder lainnya dalam rangka mengoptimalkan potensi warga sekolah dalam pengembangan KTSP
1.2 Menjalin kerjasama antar warga sekolahuntuk mencapai ketuntasan kompetensi dan standar kelulusan tiap tahunnya |
Kepala Sekolah komite sekolah dan Guru kelas |
2.Penyusunan KTSP Dokumen 2 | Mengkoordinir penyusunan KTSP Dokumen 2 | 2.1 Identifikasi standar isi ( kompetensi dasar )
2.2 Merumuskanindikator 11 Mapel 2.3 Menyusun silabus 11 Mapel 2.4 Membuat RPP 11 Mapel 2.5 Penggandaan dokumen KTSP dokumen 2
|
Kepala Sekolah dan Guru kelas | |
3. Pengembangan bahan ajar / Diktat/LKS | 3.Worksop
|
a. Peningkatan inovasi sumber pembelajaran
b. Bahan referensi pembelajaran |
Kepala Sekolah dan Guru kelas | |
4.Pengembangan panduan Evaluasi | Membuat panduan uji kompetensi,analisis hasil evaluasi,perbaikan dan pengayaan, ujian blok, ulangan umum,gelar kompetensi dan ujian akhir | 4.1 Penyusunan kisi-kisi 11 mapel
4.2 Penyusunan master soal 11 mapel 4.3 Analisis butir soal 11 mapel |
Kepala Sekolah dan Guru kelas | |
Pengembangan Proses Pembelajaran | 1.Pemenuhan Persiapan Pembelajaran ( PSB ) | 1.Melaksanakan Penerimaan Siswa Baru | 1.1 Pengadaan formulir Pendaftaran
1.2 Pengadaan formulir bio data siswa 1.3 Administrasi pendaftaran 1.4 Daftar ulang 1.5 Pembuatan spanduk sekolah gratis 1.6 Penerimaan peserta didik baru 1.7 Pengenalan siswa baru |
Kepala Sekolah dan Guru kelas |
2. Pemenuhan pelaksanaan Pembelajaran | 2.Kelengkapan administrasi guru kelas | 2.1 Melengkapi administrasi
seluruh guru kelas |
Guru Kelas | |
3.Peningkatan Proses Pembelajaran | 3. Monitoring dan supervisi | 3.1 Program monitoring dan evaluasi internal
3.2 Supervisi pengawas Pembina
|
Kepala sekolah dan pengawas pembina | |
4.Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian | 4. Melengkapi buku sumber belajar guru | 4.1 Buku pegangan guru
4.2 Buku pengayaan 4.3 Buku teks 4.4 Pengadaan alat perbaikan |
Guru | |
5.Pemenuhan alat olah raga | 5.Melengkapi alat-alat olah raga | 5.1 Menambah alat olah raga yang dibutuhkan | Guru kelas/guru olah raga | |
6.Pemenuhan alat peraga | 6. Melengkapi alat peraga | 6.1 Membeli alat peraga
6.2 Membuat alat peraga
|
Guru kelas | |
7.Home visit | 7. Melakukan kunjungan ke rumah siswa yang bermaslah | 7.1 merencanakan kunjungan
7.2 Melaksanakan kunjungan 7.3 Melaporkan hasil kunjungan |
Kepala sekolah dan Guru kelas | |
8. Pembelian /pengadaan komputer | 8. penambahan komputer | 8.1 Membeli computer yang baru
8.2 Memperbaiki computer yang rusak |
Kepala sekolah | |
Pengembangan system Penilaian | 1.Peningkatan prekuensi ulangan harian | 1. Pelaksanaan ulangan harian | 1.1 Pembuatan soal ulangan harian
1.2 Penggandaan soal ulangan harian |
Kepala sekolah dan guru kelas |
2. Peningkatan Pelaksanaan UTS | 2.Pelaksanaan UTS | 2.1 Pembuatan soal UTS
2.2 Penggandaan soal uts |
||
3.Pengembangan materi UAS I | 3. Pelaksanaan UAS | 3.1 Penyusunan kisi-kisi
3.2 Pembuatan soal UAS 3.3 Penggandaan soal UAS 3.4 Pengawasan Ruangan 3.5 Pemeriksaan hasil UAS |
||
4.Pengembangan Materi UKK | 4.Pelaksanaan UKK | 4.1 Penyusunan kisi-kisi
4.2 Pembuatan soal UKK 4.3 Penggandaan soal UKK 4.4 Pengawasan Ruangan 4.5 Pemeriksaan hasil UKK
|
||
5. Peogram Remidial | 5.Pelaksanaan Remidial | 5.1 Pengawasan dan pemeriksaan hasil remidial | ||
Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan | 1. Peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan | 1. Dalam kecamatan | 1.1 Diklat kepemimpinan
1.2 Bintek manajemen pengelolaan sekolah 1.3 KKG tingkat gugus 1.4 Diklat KTI/ PTK 1.5 Diklat media pembelajarn 1.6 Bintek KTSP 1.7 Bintek Manajemen pengelolaan BOS
|
Dinas Pendidikan kabupaten, UPTD Pendidikan
Kepala sekolah |
2.Luar kecamatan | 2.1 Diklat Kepemimpinan
2.2 Bintek manajemen pengelolaan sekolah 2.3 Diklat Peningkatan Profesi Guru
|
|||
Pengembangan sarana dan Prasarana Sekolah | 1.Pemenuhan sarana dan Prasarana minimal | 1.Melaksanakan Pemenuhan sarana dan Prasarana minimal | 1.1 Pengadaan media pembelajaran
1.2 Pengadaan Mebeulair 1.3 Pengadaan papan tulis |
Kepala sekolah,komite dan guru |
2.Pemenuhan sarana lainnya | 2.Melaksanakan Pemenuhan sarana dan Prasarana lainnya | 2.1 Pengadaan perangkat computer
2.2 Pengadaan perangkat internet 2.3 Pengadaan multi media
|
||
3.Pemeliharaan dan perbaikan | 3.Melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan sarana dan prasarana sekolah | 3.1 Pengecatan & pelaburan
3.2 perbaikan pintu / jendela 3.3 Pebaikan atap & lantai 3.4 Prbaikan pagar/halaman 3.5 Perbaikan Mebeulair
|
||
Pengembangan Manajemen sekolah | 1. Penyusunan RKAS | 1. Membuat RKAS | 1.1 Rapat pembentukan tim perumus
1.2 Identifikasi analisis SWOT 1.3 Proyeksi Program skala prioritas 1.4 Singkronisasi Program 1.5 Penyempurnaan draf 1.6 Rapat pleno/sosialisasi
|
Kepala sekolah, Komite sekolah, Guru kelas |
2. Kegiatan Rapat | 2. Menyelenggarakan rapat dinas | 2.1 Rapat awal tahun pelajaran/pembagian tugas
2.2 Rapat pembinaan 2.3 Rapat semester 2.4 Rapat UN/UAS 2.5 Rapat kenaikan kelas 2.6 Rapat Kelulusan 2.7 Rapat rutin/bulanan 2.8 Rapat komite sekolah
|
Kepala sekolah, Komite sekolah, Guru kelas | |
3.Perjalanan Dinas | 3. Melaksanakan perjalanan dinas dalam dan luar kecamatan | 3.1 Perjalanan dinas kepala sekolah/komite sekolah
3.2 Perjalanan dinas guru |
||
4. Akreditasi sekolah | 4. Menyiapkan akreditasi sekolah | 4.1 Membuat Perencanaan
4.2 Melaksanakan sosialisasi 4.3 Melengkapi keperluan akreditasi 4.4 Melaksanakan akreditasi Sekolah 4.5 Mengevaluasi hasil akreditasi sekolah
|
||
5. Pengelolaan BOS | 5.Menyelenggarakan pengelolaan BOS | 5.1 Mendistribusikan keuangan sesuai dengan yang telah dibuat
5.2 Membuat pelaporan pertanggungjawaban kegiatan
|
Kepala sekolah dan bendahara BOS | |
Pembinaan Kesiswaan/Ekstrakurikuler | 1. Kegiatan siswa | 1. Kegiatan rutin | 1.1 Perencanaan kegiatan
1.2 Pelaksanaan kegiatan 1.3 Evaluais kegiatan 1.4 Pelaporan |
Kepala sekolah ,PKS Kesiswaan, guru kelas |
2. kegiatan Pramuka
|
2. Latihan Rutin | 2.1 Perencanaan kegiatan
2.2 Pelaksanaan kegiatan 2.3 Evaluais kegiatan 2.4 Pelaporan |
||
3.Pelaksanaan HUT Pramuka | 3.1 Perencanaan kegiatan
3.2 Pelaksanaan kegiatan 3.3 Evaluais kegiatan 3.4 Pelaporan |
|||
4.Pelantikan | 4.1 Perencanaan kegiatan
4.2 Pelaksanaan kegiatan 4.3 Evaluais kegiatan 4.4 Pelaporan |
|||
5. Kegiatan lomba | 5.1 Perencanaan kegiatan
5.2 Pelaksanaan kegiatan 5.3 Evaluais kegiatan 5.4 Pelaporan |
|||
3. UKS/PMR | 3. Kegiatan rutin | 3.1 Perencanaan kegiatan
3.2 Pelaksanaan kegiatan 3.3 Evaluais kegiatan 3.4 Pelaporan |
||
4. Paskibra | 4. Kegiatan rutin | 4.1 Perencanaan kegiatan
4.2 Pelaksanaan kegiatan 4.3 Evaluais kegiatan 4.4 Pelaporan |
Kepala sekolah ,PKS Kesiswaan, Pembina paskibra / guru kelas | |
5.Keagamaan | 5.Shalat Berjamaah | 5.1 Perencanaan kegiatan
5.2 Pelaksanaan kegiatan 5.3 Evaluais kegiatan 5.4 Pelaporan |
Kepala sekolah ,PKS Kesiswaan, Pembina keagamaan / guru kelas | |
6. Baca tulis Alquran | 6.1 Perencanaan kegiatan
6.2 Pelaksanaan kegiatan 6.3 Evaluais kegiatan 6.4 Pelaporan |
Kepala sekolah ,PKS Kesiswaan, Pembina keagamaan / guru kelas /agama
|
||
7.Pesantren kilat | 7.1 Perencanaan kegiatan
7.2 Pelaksanaan kegiatan 7.3 Evaluais kegiatan 7.4 Pelaporan |
|||
Budaya dan Lingkungan sekolah | 1.Penyelenggaraan Budaya lingkungan sekolah | 1.Pengembangan budaya bersih | 1.1 Pembelian tempat sampah
1.2 Pembelian sapu 1.3 Pembelian alat kebersihan lainnya |
Kepala sekolah, Komite sekolah, Guru kelas |
2. Pemeliharaan system sanitasi & Drainase | 2.1 Pemeliharaan WC Guru
2.2 Pemeliharaan WC siswa |
|||
3. Peningkatan kerjasama dengan intansi lain yang relevan | 3.1 Rapat koordinasi dengan lembaga terkait | |||
Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa/Kewira usahaan | 1. Pelaksanaan pendidikan karakter dan budaya bangsa/ kewirausahaan
|
1. Bintek kurikulum Pendidikan berkarakter | 1.1 Perencanaan kegiatan
1.2 Pelaksanaan kegiatan 1.3 Evaluais kegiatan 1.4 Pelaporan
|
Kepala sekolah, Komite sekolah, Guru kelas |
2.Administrasi penunjang kurikulum | 2.1 Melengkapi administrasi penunjang kurikulum pendidikan berkarakter
|
- JADWAL KEGIATAN
No | Uraian Program dan Kegiatan Strategis | TAHUN PELAJARAN | |
2023/2024 | |||
Smt 1 | Smt 2 | ||
I | STANDAR ISI | ||
1.1 PENGEMBANGAN KURIKULUM | |||
1.2.1 Pembuatan KTSP Dokumen 1 ( revisi ) | V | ||
1.2.2 Penyusunan KTSP Dokumen 2 | V | ||
1.2.3 Pengembangan bahan ajar/Diktat/LKS | V | V | |
1.2.4 Pengembangan panduan Evaluasi | V | V | |
2. | STANDAR PROSES | ||
2.1 PENGEMBANGAN SILABUS | |||
2.1.1 Pembuatan Silabus berdasarkan Stndar Isi | |||
Dan Stndar kompetensi Lulusan | V | V | |
2.1.2 Pembuatan silabus dilakukan oleh guru | V | V | |
2.2 PENGEMBANGAN RPP | |||
2.2.1 Pembuatan RPP berdasarkan prinsip- prinsip | |||
Perencanaan pembelajaran | V | V | |
2.3 PEMENUHAN SUMBER BELAJAR | |||
2.3.1 Pengadaan buku panduan,buku pengayaan | |||
Buku referensi, dan buku pelajaran | V | V | |
2.4 PENGEMBANGAN SUPERVISI DAN EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN | |||
2.4.1 Perencanaan supervisi | V | V | |
2.4.2 Pelaksanaan supervisi | V | V | |
2.4.3 Penilaian hasil supervisi | V | V | |
3 | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | ||
3.1 Kompetensi Lulusan Akademik | |||
1. Analisis Stndar Kompetensi Lulusan 3 Mapel | V | ||
2. Proyeksi Soal berdasarkan SKL 3 Mapel | V | ||
3. Pengayaan UN | V | ||
4. Latihan UN/Try out UN | V | ||
5. Ujian Sekolah | V | ||
6. Ujian Praktek | V | ||
3.2 Kompetensi Lulusan Non Akademik | |||
1. O2SN | V | V | |
2. Kreasi seni/porseni | V | ||
3. SPKSG | V | V | |
4 | STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN | ||
4.1 Pemenuhan jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan | V | ||
4.2Peningkatan kompetensi tenaga pendidik | |||
a. Dalam kecataman | V | ||
b. Luar kecamatan | V | ||
6 | STANDAR SARANA DAN PRASARANA | ||
6.1 Pemenuhan sarana dan prasarana minimal | V | V | |
6.2 Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya | V | ||
6.3 Pemeliharaan dan perbaikan | V | V | |
6.4 Belanja barang pendukung PBM dan Manajemen kantor | V | V | |
6.5 Langganan daya dan jasa | V | V | |
6.6 Pengembangan budaya bersih | V | V | |
6.7 Pemenuhan sistim sanitasi/Drainase | V | V | |
6.8 Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain | V | V | |
6.9 Pemenuhan Persiapan Pembelajaran | V | V | |
6.10 Pemenuhan Pelaksanaan Pembelajaran | V | V | |
6.11 Pemenuhan fasilitas Pembelajaran/penilaian | V | V | |
6.12 Pemenuhan alat olah raga | V | V | |
6.13 Pemenuhan alat peraga | V | V | |
6.14 Pembelian/pengadaan computer | V | V | |
6.15 Kegiatan refleksi Pembelajaran | V | V | |
7 | STANDAR PENGELOLAAN | ||
7.1 Penyusunan RKT dan RKJM | V | ||
7.2 Penyusunan Evalusi Diri Sekolah ( EDS ) | V | ||
7.3Kegiatan Rapat | V | V | |
7.4Prjalanan Dinas | |||
· Dalam kecamatan | V | V | |
· Luar Kecamatan | V | V | |
7.5Akreditasi Sekolah | |||
7.6 Pengelolaan BOS | V | V | |
7.7 Pengelolaan ICT | V | V | |
7.8 Penyusunan Program Suvervisi PTK | V | V | |
7.9 Penyusunan Program akademik | V | ||
7.10 Penyusunan Program non akademik | V | ||
7.11 Kegiatan Kesiswaan | V | V | |
7.12 Kegiatan Pramuka | V | V | |
7.13 UKS/PMR | V | V | |
7.14 Keagamaan | V | V | |
7.15 Kegiatan Kreativitas siswa | V | ||
7.16 Paskibra | V | V | |
8. | STNDAR PEMBIAYAAN | ||
8.1 Penyusunan RKAS / RAPBS | V | ||
8.2 Penyusunan dan pelaporan SPJ | V | V | |
8.3 Penyusunan MOU dengan pihak lain | V | ||
8.4 Honor Tenaga Pendidik tidak tetap | V | V | |
8.5 Honor Tenaga Kependidikan tidak tetap | V | V | |
9 | STNDAR PENILAIAN PENDIDIKAN | ||
9.1 Peningkatan frekuensi ulangan harian | V | V | |
9.2 Peningkatan pelaksanaan UTS | V | V | |
9.3 Pengembangan materi UAS 1 | V | V | |
9.4 Pengembangan materi UKK | V | ||
9.5 Program remidial | V | V |
BAB V
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH
RKAS | ||||||||
STANDAR | PROGRAM DAN KEGIATAN | SATUAN/ VOLUME | SUMBER DANA DAN ALOKASI ANGGARAN | |||||
RUTIN
( Rp ) |
BOS
( Rp ) |
BKSM/USKM
( Rp ) |
BLOCKGRAND
( Rp ) |
SUMBERLAIN
( Rp ) |
JUMLAH
( Rp ) |
|||
Isi | PENGEMBANGAN KURIKULUM | |||||||
Pembuatan KTSP Dokumen 1 | ||||||||
Konsumsi pembuatan KTSP | 8 org x Rp.15,000 x 5 hari | 600,000 | 600,000 | |||||
Penyusunan KTSP dokumen 2 | ||||||||
Konsumsi identifikasi standar isi | 8 org x Rp.15,000 x 4 hari | 480,000 | 480,000 | |||||
Konsumsi merumuskan indicator | 8 org x Rp.15,000 x 4 hari | 480,000 | 480,000 | |||||
Konsumsi penyusunan silabus | 8 org x Rp.15,000 x 5 hari | 600,000 | 600,000 | |||||
Konsumsi membuat RPP | 8 org x Rp.15,000 x 5 hari | 600,000 | 600,000 | |||||
Pengembangan bahan ajar | ||||||||
Konsumsi membuat bahan ajar | 8 org x Rp.15,000 x 5 hari | 600,000 | 600,000 | |||||
Pengembangan panduan Evaluasi | ||||||||
Konsumsi penyusunan kisi-kisi | 8 org x Rp.15,000 x 5 hari | 600,000 | 600,000 | |||||
Konsumsi Penyusunan master soal | 8 org x Rp.15,000 x 4 hari | 480,000 | 480,000 | |||||
JUMLAH | 5,040,000 | |||||||
Program Remidial | 8 org Rp.25,000x 5 kali | 1,000,000 | 1,000,000 | |||||
Pemenuhan pelaksanaan pembelajaran | ||||||||
Kelengkapan administrasi kelas 6 kls x 1 smster | 6 kls x Rp.250,000 | 1,500,000 | 1,500,000 | |||||
Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian | ||||||||
Pemenuhan alat prkatek | 6 kls x Rp.150,000 | 900,000 | 900,000 | |||||
Pengadaan buku pegangan guru 9 mapel | 54 eks x Rp. 25,000 | 13,500,000 | 13,500,000 | |||||
Pengadaan buku referensi ( perpustakaan ) | ||||||||
Pengadaan buku paket seluruh siswa | 260 eks x Rp. 20,000 | 5,200,000 | 5,200,000 | |||||
Pengadaan Buku LKS ( 260 siswa x 3 mapel ) | 260 eks x Rp. 10,000 | 2,600,000 | 2,600,000 | |||||
Penerimaan siswa baru | ||||||||
Pengadaan formulir ( 2 lbr x 60 siswa ) | 60 org x 2 lbr x Rp.1000 | 120,000 | 120,000 | |||||
Format bio data siswa baru ( 2 lbr x 60 siswa ) | 60 org x 2 lbr x Rp.1000 | 120,000 | 120,000 | |||||
ATK ( PSB ) | 150,000 | 150,000 | ||||||
Honor panitia PSB ( 8 org ) | 8 org x Rp. 50,000 | 400,000 | 400,000 | |||||
Konsumsi panitia PSB ( 6 org ) | 8 org x Rp. 15,000 x 4 hri | 480,000 | 480,000 | |||||
Kegiatan pembinaan olahraga | 4 org x Rp.15,000x 6 kali | 360,000 | 360,000 | |||||
Kegiatan kreasi seni | 4 org x Rp.15,000x 6 kali | 360,000 | 360,000 | |||||
Kegiatan pramuka | ||||||||
Transport siswa | diperkirakan | 1,450,000 | 1,450,000 | |||||
Transport pembimbing | diperkirakan | 1,250,000 | 1,250,000 | |||||
Konsumsi pembimbing dan siswa | diperkirakan | 1,600,000 | 1,600,000 | |||||
Honor pembimbing | diperkirakan | 1,500,000 | 1,500,000 | |||||
Kegiatan SPKS dan SPKGS | ||||||||
Transport siswa | 40 org x Rp. 25,000 | 1,000,000 | 1,000,000 | |||||
Transport pembimbing | 6 org x Rp.50,000 x 4 kali | 1,200,000 | 1,200,000 | |||||
Konsumsi pembimbing dan siswa | 46 org x Rp.15,000 x 4 kali | 2,760,000 | 2,760,000 | |||||
Honor pembimbing | 6 org x Rp.50,000 x 4 kali | 1,200,000 | 1,200,000 | |||||
Kegiatan PMR/ UKS | ||||||||
Konsumsi peserta dan pembimbing | diperkirakan | 1,450,000 | 1,450,000 | |||||
Transport peserta dan pembimbing | diperkirakan | 1,250,000 | 1,250,000 | |||||
JUMLAH | 41,350,000 | |||||||
Kompetensi | Kompetensi Lulusan Akademik | |||||||
Lulusan | Analisis Standar Kompetensi Lulusan | |||||||
Konsumsi penyusun | 8 org x Rp.15,000x 5 hari | 600,000 | 600,000 | |||||
Pengayaan Ujian Nsional / UN | ||||||||
Konsumsi Penyusun | 8 org x Rp.15,000x 5 hari | 600,000 | 600,000 | |||||
Pemantapan persiapan UN | ||||||||
Konsumsi pembuatan kisi-kisi (3 mapel ) | 3 org x Rp.15,000x 5 hari x 2 | 450,000 | 450,000 | |||||
Konsumsi pembuatan naskah (3 mapel ) | 3 org x Rp.15,000x 5 hari x 2 | 450,000 | 450,000 | |||||
Penggandaan naskah soal | 40 org x 3 x5 lbr x Rp.150 x 2 | 180,000 | 180,000 | |||||
Konsumsi pengawasan ruangan | 4 org x Rp.15,000 x 3 hri x 2 | 360,000 | 360,000 | |||||
Honor pemeriksaan latihan UN | 3 mpx 40 x 1 lbr x Rp.1000 | 240,000 | 240,000 | |||||
Kebutuhan ATK | diperkirakan | 300,000 | 300,000 | |||||
Ujian praktek | ||||||||
Konsumsi ujian praktek | 4 org x Rp.15,000 x 6 hari | 360,000 | 360,000 | |||||
Ujian Sekolah | ||||||||
Konsumsi pembuatan kisi-kisi | 7 org x Rp.15,000x 5 kali | 525,000 | 525,000 | |||||
Konsumsi pembuatan naskah | 7 org x Rp.15,000x 5 kali | 525,000 | 525,000 | |||||
penggandaan naskah soal | 40 org x 7 mpx3 lbr x Rp.150 | 126,000 | 126,000 | |||||
Konsumsi pengawasan ruangan | 4 org x Rp.15,000 x 6 hari | 360,000 | 360,000 | |||||
Honor pemeriksaan hasil latihan US 6 mapel | 7 mpx 40 x 1 lbr x Rp.1000 | 280,000 | 280,000 | |||||
Kebutuhan ATK | diperkirakan | 150,000 | 150,000 | |||||
Honor panitia Ujian Sekolah | 4 org x Rp.100,000 | 400,000 | 400,000 | |||||
Pelaksanaan Ujian Nasional /UN | ||||||||
Honor pengawasan ruangan | 4 org x Rp.25,000 x 3 hari | 300,000 | 300,000 | |||||
Konsumsi pengawasan ruangan | 4 org x Rp.15,000 x 3 hari | 180,000 | 180,000 | |||||
Honor panitia UN | 4 org x Rp.100,000 | 400,000 | 400,000 | |||||
Honor penulisan dan penandatanganan Ijazah | 40 org x Rp.15,000 | 600,000 | 600,000 | |||||
Kebutuhan ATK | diperkirakan | 150,000 | 150,000 | |||||
JUMLAH | 7,536,000 | |||||||
|
||||||||
Pendidik dan Tenaga Kependidikan | Transport pelatihan kepala sekolah 2 kali | 1 org x Rp.150,000 x 2 kali | 300,000 | 300,000 | ||||
Transport diklat kepemimpinan | 1 org x Rp.150,000 x 2 kali | 300,000 | 300,000 | |||||
Transport bintek manajemen pengelolaan sekolah | 1 org x Rp.150,000 x 2 kali | 300,000 | 300,000 | |||||
Konsumsi kegiatan KKG 8 org | 8 org x Rp.50,000 x 6 kali | 2,400,000 | 2,400,000 | |||||
Transport kegiatan KKG 8 org | 8 org x Rp.50,000 x 4 kali | 1,600,000 | 1,600,000 | |||||
Transport kegiatan K3S | 1 org x Rp.150,000 x 3 kali | 450,000 | 450,000 | |||||
Transportt kegiatan bintek KTSP | 8 org x Rp.100,000 x 2 kali | 1,600,000 | 1,600,000 | |||||
Transport bintek pengelolaan BOS 2 org | 2 org x Rp.100,000 x 3 kali | 600,000 | 600,000 | |||||
Honor Guru sukwan bulanan | 2 org x Rp.500,000 x 12 bln | 12,000,000 | 12,000,000 | |||||
Honor Tenaga Kependidikan | 1 org x Rp.250,000 x 12 bln | 3,000,000 | 3,000,000 | |||||
JUMLAH | 22,550,000 | |||||||
Sarana Dan | Pemeliharaan bangunan sekolah | |||||||
Prasarana | Pengecatan/pelaburan bangunan ( ruang kelas ) | 6 galon x Rp.350,000 | 2,100,000 | 2,100,000 | ||||
Perbaikan pintu dan jendela sekolah | Diperkirakan | 1,500,000 | 1,500,000 | |||||
Perbaikan lantai dan atap sekolah | Diperkirakan | 1,200,000 | 1,200,000 | |||||
Perbaikan pagar halaman sekolah | Diperkirakan | 1,250,000 | 1,250,000 | |||||
Belanja bahan perawatan sekolah | Diperkirakan | 2,850,000 | 2,850,000 | |||||
Upah kerja tukang dan laden | Diperkirakan | 1,750,000 | 1,750,000 | |||||
Pemeliharaan alat kantor | ||||||||
Pemeliharaan mebelair | Diperkirakan | 2,500,000 | 2,500,000 | |||||
Pemeliharaan inventaris kantor | Diperkirakan | 3,450,000 | 3,450,000 | |||||
Pengadaan / kebutuhan | ||||||||
Spanduk 200 cm x 60 cm | 1 buah x Rp.250,000 | 2,500,000 | 2,500,000 | |||||
Media pembelajaran 4 mapel | 1,500,000 | 1,500,000 | ||||||
Meja dan kursi guru | 600,000 | 600,000 | ||||||
Papan tulis / whit board | 500,000 | 500,000 | ||||||
Meja dan kursi siswa | 1,500,000 | 1,500,000 | ||||||
Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya | ||||||||
Perangkat computer dan internet/ printer | 2,500,000 | 2,500,000 | ||||||
Multi media | 1,250,000 | 1,250,000 | ||||||
Peralatan UKS | 1,450,000 | 1,450,000 | ||||||
Pemenuhan alat olah raga | ||||||||
Bola sepak | 2 buah x Rp.250,000 | 500,000 | 500,000 | |||||
Bola voly | 2 buah x Rp.250,000 | 500,000 | 500,000 | |||||
Net voly | 2 buah x Rp.150,000 | 300,000 | 300,000 | |||||
Pemenuhan alat peraga | ||||||||
IPA | 1,350,000 | 1,350,000 | ||||||
IPS | 1,250,000 | 1,250,000 | ||||||
Kesenian | 1,450,000 | 1,450,000 | ||||||
PAI | 1,250,000 | 1,250,000 | ||||||
Pengembangan budaya bersih | ||||||||
Belanja sapu ijuk | 24 buah xRp. 25,000 | 600,000 | 600,000 | |||||
Belanja tempat sampah | 12 buah x Rp.50,000 | 600,000 | 600,000 | |||||
Belanja lap tangan | 12 buah x Rp.25,000 | 300,000 | 300,000 | |||||
Belanja lap lantai | 12 buah x Rp,35,000 | 420,000 | 420,000 | |||||
Belanja ember plastik | 12 buah x Rp.15,000 | 180,000 | 180,000 | |||||
Pemeliharaan system sanitasi | ||||||||
Pemeliharaan WC siswa dan guru | Diperkirakan | 1,846,000 | 1,846,000 | |||||
Upah kerja | Diperkirakan | 1,450,000 | 1,450,000 | |||||
JUMLAH | 40,396,000 | |||||||
Pengelolaan | ||||||||
Konsumsi kegiatan rapat | ||||||||
Awal tahun pelajaran / PSB | 8 org x Rp.15,000x 5 hri | 600,000 | 600,000 | |||||
Pembinaan pegawai/ guru | 8 org x Rp.15,000x 6 hri | 720,000 | 720,000 | |||||
UAS/UAS-BN 8 org | 8 org x Rp.15,000x 2 hri | 240,000 | 240,000 | |||||
Kenaikan kelas 8 org | 8 org x Rp.15,000x 2 hri | 240,000 | 240,000 | |||||
Kelulusan 8 org | 8 org x Rp.15,000x 2 hri | 240,000 | 240,000 | |||||
Komite sekolah 4 org | 8 org x Rp.15,000x 5 hri | 600,000 | 600,000 | |||||
Persiapan SPKS/lomba – lomba | 8 org x Rp.15,000x 4 hri | 480,000 | 480,000 | |||||
Pengelolaan BOS | ||||||||
Honor pengelolaan 2 org | 2 org xRp.200,000x 12 bln | 4,800,000 | 4,800,000 | |||||
Transport pengambilan dana | 2 org x Rp.200,000 x 4 kli | 1,600,000 | 1,600,000 | |||||
ATK SPJ 4 Triwulan | Diperkirakan | 1,650,000 | 1,650,000 | |||||
JUMLAH | 11,170,000 | |||||||
Pembiayaan | Pendukung PBM dan manajemen kantor |
|
||||||
Kerta HVS | 20 rim x Rp.35,000 | 700,000 | 700,000 | |||||
kertas polio | 10 rim x Rp.15,000 | 150,000 | 150,000 | |||||
kapur tulis | 60 dus x Rp. 3,500 | 210,000 | 210,000 | |||||
Buku agenda guru | 6 eks x Rp. 40,000 | 240,000 | 240,000 | |||||
Tinta printer | 16 btl x Rp. 100,000 | 1,600,000 | 1,600,000 | |||||
Pensil / pulpen dan spidol | 6 set x Rp. 50,000 | 300,000 | 300,000 | |||||
Buku inventaris | 2 eks x Rp.100,000 | 200,000 | 200,000 | |||||
Buku gaji/keuangan | 2 eks x Rp.100,000 | 200,000 | 200,000 | |||||
Buku induk | 2 eks x Rp.200,000 | 400,000 | 400,000 | |||||
Belanja makanan dan minuman | ||||||||
Gula kopi dan susu | Diperkirakan | 2,350,000 | 2,350,000 | |||||
Makanan ringan | Diperkirakan | 2,250,000 | 2,250,000 | |||||
Langganan Daya dan Jasa | ||||||||
listrik | Diperkirakan | 850,000 | 850,000 | |||||
Telepon dan internet | Diperkirakan | 900,000 | 900,000 | |||||
Majalah dan Koran | Diperkirakan | 2,250,000 | 2,250,000 | |||||
JUMLAH | 12,600,000 | |||||||
Penilain | Peningkatan frekuensi ulangan harian | |||||||
Pendidikan | Penggadaan soal 9 mapel x 236 siswa x 5 kali x 1 lbr x 2 smester | 260 org x 6 kali x 2 lbr x 2 | 936,000 | 936,000 | ||||
Kegiatan Ulangan Tengah Semester | ||||||||
Konsumsi penyusunan soal | 6 org x Rp.15,000 x 2 kali | 180,000 | 180,000 | |||||
Penggandaan naskah | 260 org x 4 lbr x Rp.150 x 9 | 1,404,000 | 1,404,000 | |||||
Honor pemeriksaan 9 mapel | 6 org x Rp.25,000 x 2 kali | 300,000 | 300,000 | |||||
Konsumsi praktek 9 mapel | 6 org x Rp.15,000 x 2 kali | 180,000 | 180,000 | |||||
Kegiatan Ulangan Akhir Semester I | ||||||||
Konsumsi pembuatan kisi-kisi | 6 org x Rp.15,000 x 5 hari | 450,000 | 450,000 | |||||
konsumsi pembuatan naskah | 6 org x Rp.15,000 x 5 hari | 450,000 | 450,000 | |||||
penggandaan naskah | 260 org x 4 lbr x Rp.150 x 9 | 1,404,000 | 1,404,000 | |||||
Konsumsi pengawas ruangan | 6 org x Rp.15,000 x 5 hari | 450,000 | 450,000 | |||||
Honor pengolahan nilai | 6 org x Rp.50,000 | 300,000 | 300,000 | |||||
Honor pengisian raport 6 org | 6 org x Rp.50,000 | 300,000 | 300,000 | |||||
Kegiatan Ulangan Kenaikan Kelas ( UKK ) | ||||||||
Konsumsi pembuatan kisi-kisi | 6 org x Rp.15,000 x 5 hari | 450,000 | 450,000 | |||||
konsumsi pembuatan naskah | 6 org x Rp.15,000 x 5 hari | 450,000 | 450,000 | |||||
penggandaan naskah | 260 org x 4 lbr x Rp.150 x 9 | 1,404,000 | 1,404,000 | |||||
Konsumsi pengawas ruangan | 6 org x Rp.15,000 x 5 hari | 450,000 | 450,000 | |||||
Honor pengolahan nilai | 6 org x Rp.50,000 | 300,000 | 300,000 | |||||
Honor pengisian raport 6 org | 6 org x Rp.50,000 | 300,000 | 300,000 | |||||
Konsumsi penguji praktek | 6 org x Rp.15,000 x 5 hari | 450,000 | 450,000 | |||||
JUMLAH | 10,158,000 | |||||||
JUMLAH TOTAL | 150,800,000 | 150,800,000 |
BAB VI
PENUTUP
Kesimpulan
Sebagaimana uraian di atas,bahwa Rencana Kerja Tahunan ( RKT ) SD DAYA SUSILA UPTD Pendidikan Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2023/2024 dengan sasaran program sebagai berikut :
- Program berdasarkan aspek pemerataan,kualitas,relevansi,efisiensi dan kapasitas sekolah
- Program berdasarkan aspek pengembangan kompetensi lulusan, pengembangan kurikulum, pengembangan proses pembelajaran, pengembangan sistim penilaian, pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, pengembangan sarana dan prasarana sekolah, pengembangan manajemen sekolah, pengembangan kegiatan kesiswaan, pengembangan budaya lingkungan sekolah, pengembangan pendidikan berkarakter ,dan kegiatan non program sekolah.
Saran
Dengan adanya Rencana Kerja Tahunan ( RKT ) SD Daya Susila ini diharapkan dapat :
- Membantu dan mendorong pencapaian APM dan APK khususnya di kecamatan Garut Kota umumnya di kabupaten Garut.
- Membantu sekolah dalam menentukan program yang diprioritaskan sesuai dengan kebutuhan di sekolah
- Memfungsikan semua komponen sekolah baik warga sekolah maupun orang tua peserta didik
- Memotivasi peran serta mastarakat untuk terlibat secara langsung dalam menyukseskan wajib belajar 9 tahun dan peningkatan mutu Pendidikan.i