RENCANA KERJA TAHUNAN (RKT) SD DAYA SUSILA

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

“ Pendidikan merupakan  salah satu bagian yang sangat penting dalam pembangunan sumber daya manusia, oleh sebab itu sebagai upaya untuk  meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan, maka dipandang perlu adanya upaya yang dilaksanakan secara terencana, terarah, dan terpadu untuk menyempurnakan kegiatan-kegiatan sekolah , sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan lebih optimal dan memenuhi harapan semua pihak yang berkepentingan (stakeholders)”.

Upaya-upaya yang terus bergulir dalam rangka peningkatan kualitas (quality) dan pemerataan kesempatan (equity) pendidikan diantaranya melalui penerapan program wajib belajar 9 tahun, standarisasi kurikulum, proses, ketenagaan, pembiayaan, sarana/prasarana, kompetensi lulusan, penilaian, dan manajemen dan pencitraan publik.

Semua komponen tersebut digulirkan dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah sehingga sekolah sebagai tatanan penyelenggara pendidikan terdepan mampu memberikan jawaban terhadap permasalahan-permasalahan pendidikan yang terus mengemuka sesuai dengan perkembangan dan dinamika masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah yaitu dengan adanya Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional,dan Peraturan Pemerintah Nomor : 19 Tahun 2005 Tentang  Standar Pendidikan Nasional.

Oleh sebab itu  pengembangan kegiatan sekolah dipandang perlu sehingga  sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Untuk mewujudkan program tersebut setiap sekolah harus memiliki pedoman pelaksanaan  kerja berupa program kerja, dan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS).

 

Agar sekolah dapat menyelenggarakan pendidikan dengan baik, maka perlu disusun program kerja sekolah yang dapat dijadikan panduan dalam pengelolaan sekolah tersebut diantaranya  sekolah  harus mampu memberdayakan sumber daya yang ada dengan memperhatikan kapasitas sekolah itu sendiri.

Dengan berdasar pada uraian di atas, maka kami warga sekolah SD DAYA SUSILA UPTD Pendidikan Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, mencoba menyusun  Rencana Kerja Sekolah ( RKS ) yang berbentuk   Rencana Kerja Tahunan  ( RKT )

 

  1. Libu/Bapasan

Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ) agar SD Daya Susila UPTD Pendidikan Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Rencana Pengembangan Sekolah tersebut disusun berdasarkan bahwa sekolah merupakan unit pelaksana pendidikan formal dengan berbagai keanekaragaman potensi peserta didik yang memerlukan layanan pendidikan yang beragam pula.

 

Dasar pemikiran inilah yang mendorong munculnya suatu pendekatan yang dikenal dengan istilah  Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah                    ( MPMBS ) atau School Based Quality Managemen. Pengembangan lebih lanjut tentunya memerlukan suatu perencanaan yang sangat matang yang tertuang dalam Rencana Strategis Sekolah.Oleh karena itu ,maka sekolah harus dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya untuk mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan dan sekaligus peningkatan sumberdaya manusia. Dengan rencana pengembangan sekolah ini diharapkan dijadikan pedoman kerja serta sebagai acuan dalam upaya pengembangan sekolah.

 

  1. Maksud dan Tujuan
  2. Maksud

Maksud pembuatan program kerja  / Rencana Kerja Tahunan ini untuk memberikan gambaran tentang pola kerja dan arah tujuan bagi pengelola sekolah dalam melaksanakan tugasnya pada kurun waktu satu tahun kedepan,sehingga dalam oprasionalnya dapat lebih efektif dan efisien,sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

 

  1. Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan Rncana Kerja Tahunan ( RKT ) ini adalah :

 

  • Sebagai pedoman dan landasan kerja dalam pelaksanaan program sekolah, sehinggadapat menjamin agar perubahan atau tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapatdicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
  • Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat, sehingga semua “Stake Holders “ sekolahmengetahui dan memahami tentang rencana implementasi sekolah.
  • Mendukung koordinasi antar pelaku pendidikan di sekolah.
  • Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antarsekolah dan dinas pendidikan kabupaten/kota, dan antarwaktu.
  • Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.
  • Menjamin tercapainya penggunaan sumber-daya secara efisien, efektif, berkeadilandan berkelanjutan.
  • Sebagai dasar dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi pada saat berlangsungnya kegiatan dan akhir program.

 

BAB II

DATA SEKOLAH DAN HASIL PROGRAM KERJA TAHUN SEBELUMNYA

  1. Data Sekolah
  2. Data Pendidik Dan Tenaga Kependidikan
No. NAMA

NIP

JENIS KELAMIN JABATAN PANGKAT

GOL/RUANG

PENDIDIKAN

TERAKHIR

MENGAJAR

DI KELAS

Anggi Perdana Kusuma L Guru Kelas GTY/PTY S.Pd, M.M. 3
Asep Ahmad Hidayat L Guru Mapel Guru Honor Sekolah S.Pd 1-6
Debby Rizki Amalia P Guru Kelas GTY/PTY S.Pd, M.Pd 6
ERNAWATI P Guru Kelas GTY/PTY 2
Moh Japar Rohman L Guru Mapel GTY/PTY S.Pd 1-6
Tedi Rustandi L Kepala Sekolah GTY/PTY S.Pd
Teni Rostini P Tenaga Administrasi Sekolah GTY/PTY TU
8. Tiara Putri Pertiwi P Guru Kelas GTY/PTY M.Ked, S.Pd 1
9.

 

Wong Siw Fong P Guru Kelas GTY/PTY 4
10. YAYU SRI RAHAYU P Guru Kelas GTY/PTY S.Tr.A.B, S.Tr.A.B, S.Tr.A.B, S.Pd 5

 

  1. Data Peserta Didik
JML

ROMBEL

KELAS  
I II III IV V VI JUMLAH
L P L P L P L P L P L P L P TOTAL
6 19 12 7 14 15 8 13 20 10 11 14 7 78 72 150

 

 

  1. Data Komite Sekolah

SUSUNAN PENGURUS KOMITE SD DAYA SUSILA

MASA BAKTI 2021-2024

 

1. KETUA : KEVIN HOTLAN SAGALA
2 SEKRETARIS :
3 BENDAHARA :
4 PENGURUS BIDANG :
1.PERENCANAAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN :
2.SARANA DAN PRA SARANA    PENDIDIKAN :
3.JARINGAN KERJASAMA DAN SISTIM INFORMASI :
4.PARTISIPASI DAN ASPIRASI MASYARAKAT :
5.ANGGOTA :

Data Sarana Prasarana

  1. Keadaan Bangun
No. TAN RUANG KELAS RUANG KEPALA RUANG GURU WC
Luas m2 Status Baik Sedang Rusak Baik Sedang Rusak Baik Sedang Rusak
1 5.700 HGP 6 1 2
  1. Keadaan Meubelair
No. NAMA BARANG BAIK SEDANG RUSAK JUMLAH KET
1 Meja Murid 80 50 130
2 Kursi Murid 140 120 260
3 Meja Guru 9 3 12
4 Kursi Guru 9 3 12
5 Lemari 6 3 9
6 Papan Tulis 6 6
7 Rak /LemariBuku 6 2 8
8 Kursi Tamu 1 1
9 Papan Data 8 2 10

BAB III

ORGANISASI SEKOLAH

 

  1. Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI

PKSU ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN

SD DAYA SUSILA

UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN GARUT KOTA  KABUPATEN GARUT

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

  1. Rincian Tugas
  2. Pembagian Tugas Mengajar :
  • Kelas   I                        :  TIARA PUTRI PERTIWI,S.Pd.,SD
  • Kelas  II                        :  ERNAWATI,S.Pd
  • Kelas III                       :  ANGGI PERDANA KUSUMA,S.Pd.,MM
  • Kelas IV                       :  WONG SIW FONG,SE
  • Kelas V/A                    :  YAYU SRI RAHAYU,S.Pd
  • Kelas VI                       :  DEBBY RIZKI AMALIA,S.Pd.,M.Pd

 

  1. Pembagian Tugas Manajemen dan Administrasi Sekolah
  2. Bidang Kurikulum
  • Menyusun pembagian tugas mengajar
  • Menyusun jadwal pelajaran
  • Menyusun program tahunan
  • Menyusun program jangka menengah
  • Menyusun KTSP dan silabus
  • Mengatur pelaksanaan evaluasi pembelajaran
  • Mengatur norma kenaikan kelas
  • Mengatur program remidial
  1. Bidang Administrasi & Manajemen
  • Mengelola surat menyurat
  • Membuat laporan kegiatan
  1. Bidang Organisasi / Kelembagaan
  2. Bidang Sarana & Prasarana
  • Mengatur kebutuhan barang yang diperlukan sekolah
  • Mengatur pemeliharaan barang yang ada
  • Menginventarisir barang milik sekolah
  1. Bidang Pendidik & Tenaga Kependidikan
  • Mengatur administrasi kepegawaian
  • Mengatur kesejahtraan pegawai
  • Mengatur pembinaan pegawai
  1. Bidang Pembiayaan / Pendanaan
  • Mengatur pengadaan dana
  • Mengatur penggunaan dana
  • Melaporkan penggunaan dana
  1. Bidang Peserta didik
  • Mengatur penerimaan siswa baru
  • Mengatur pengisian data siswa
  • Mengatur bimbingan pada siswa
  • Mengatur pembagian kelas/tugas mengajar
  • Mengatur absensi siswa
  • Mengerjakan buku mutasi siswa
  • Mengatur waktu belajar siswa
  • Mengatur kegiatan ekstrkurikuler
  • Mengatur kegiatan pengembangan potensi siswa
  • Mengatur perlombaan siswa
  • Mengatur pelepasan siswa/kenaikan kelas
  1. Bidang Kemasyarakatan
  • Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat
  • Mengatur hubungan sekolah dengan lembaga / intansi lain
  • Mengatur hubungan sekolah dengan orang tua siswa
  • Mengatur hubungan sekolah dengan dunia usaha
  • Mengatur pentas seni / kenaikan kelas
  1. Bidang Lingkungan Budaya
  • Pengaturan kebersihan sekolah
  • Penjagaan keamnan sekolah
  • Pengaturan kamar mandi/wc sekolah
  • Pengaturan halaman sekolah
  • Pengaturan kebun/taman sekolah
  • Pengaturan kelas/ruang belajar

 

BAB IV

RENCANA KEGIATAN TAHUN  2023/3024

  1. RENCANA KEGIATAN

 

Sasaran Program                 ( Indikator ) Kegiatan Indikator Kegiatan Penanggung Jawab
 

Pengembangan Kompetensi Lulusan

 

1.Kompetensi    Lulusan Akademik

 

1.Analisis Standar Kompetensi Lulusan    3 Mapel

 

2.Proyeksi soal berdasarkan SKL

 

 

3  Pengayaan UN

 

 

 

5.      Latihan UN / Try

Out UN

 

 

 

 

 

 

5.Ujian Sekolah 7 Mata Pelajaran

 

 

1.1     Menganalisis Standar Kompetensi lulusan  Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,IPA dan Matematika

2.1 Mengumpulkan

bank soal

2.2 Meproyeksikan soal sesuai dengan SKL

 

1.1  Menyusun jadwal pengayaan UN

1.2  Melaksanakan pengayaan UN

1.1   Pembuatan Kis-kisi 3 Mata Pelajaran

1.1   Pembuatan naskah soal  3 Mata Pelajaran

1.2   Penggandaan soal 3 Mata Pelajaran

1.3   Pelaksanaan Try Out

1.4   Pemeriksaan hasil TO

 

5.1 Pembuatan Kisi-kisi

Ujian Sekolag 7 Mapel

5.2 Pembuatan Soal Ujian Sekolah 7 Mapel

5.3 Pembuatan soal Ujian   Praktek

5.4 Penggandaan soal Ujian 7 Mata Pelajaran

5.5 Pelaksanaan Ujian Tertulis dan praktek

5.6 Pemeriksaan hasil Ujian sekolah 7 Mapel

 

Kepala Sekolah dan Guru kelas

 

2.Kompetensi    Lulusan Non Akademik

 

1. O2SN

 

 

 

 

 

 

2.SPKSG

 

1.1 Menyeleksi siswa calon peserta O2SN

1.2 Menyusun jadwal kagiatan latihan

1.3 Melaksanakan latihan

1.4 Mengikuti Pelaksanaan O2SN

2.1.Menyeleksi siswa calon peserta SPKSG

2.2 Menyusun jadwal kagiatan latihan

2.3 Melaksanakan latihan

4.4 Mengikuti Pelaksanaan SPKS

 

Kepala Sekolah dan Guru kelas

Pengembangan Kurikulum                ( KTSP ) 1.Pengembangan  KTSP                ( Dok 1 ) 1.  Merumuskan Pembuatan KTSP Dokumen 1 (Revisi ) 1.1 Menjalin kerjasama dengan komite sekolah dan stake holder lainnya dalam rangka mengoptimalkan potensi warga sekolah dalam pengembangan KTSP

1.2 Menjalin kerjasama antar warga sekolahuntuk mencapai ketuntasan kompetensi dan standar kelulusan tiap tahunnya

Kepala Sekolah  komite sekolah dan Guru kelas
2.Penyusunan KTSP Dokumen 2 Mengkoordinir penyusunan KTSP Dokumen 2 2.1 Identifikasi standar isi        ( kompetensi dasar )

2.2 Merumuskanindikator 11 Mapel

2.3 Menyusun silabus 11 Mapel

2.4 Membuat RPP 11 Mapel

2.5 Penggandaan dokumen KTSP dokumen 2

 

Kepala Sekolah dan Guru kelas
3.  Pengembangan bahan ajar / Diktat/LKS 3.Worksop

 

a.      Peningkatan inovasi sumber pembelajaran

b.      Bahan referensi pembelajaran

Kepala Sekolah dan Guru kelas
4.Pengembangan panduan Evaluasi Membuat  panduan uji kompetensi,analisis hasil evaluasi,perbaikan dan pengayaan, ujian blok, ulangan umum,gelar kompetensi dan ujian akhir 4.1 Penyusunan kisi-kisi 11 mapel

4.2 Penyusunan master soal 11 mapel

4.3 Analisis butir soal 11 mapel

Kepala Sekolah dan Guru kelas
Pengembangan Proses Pembelajaran 1.Pemenuhan Persiapan Pembelajaran       ( PSB ) 1.Melaksanakan Penerimaan Siswa Baru 1.1 Pengadaan formulir Pendaftaran

1.2 Pengadaan formulir bio data siswa

1.3 Administrasi pendaftaran

1.4 Daftar ulang

1.5 Pembuatan spanduk sekolah gratis

1.6 Penerimaan peserta didik baru

1.7 Pengenalan siswa baru

Kepala Sekolah dan Guru kelas
2. Pemenuhan pelaksanaan Pembelajaran 2.Kelengkapan administrasi guru kelas 2.1 Melengkapi administrasi

seluruh guru kelas

Guru Kelas
3.Peningkatan Proses Pembelajaran 3. Monitoring dan supervisi 3.1  Program monitoring dan evaluasi internal

3.2 Supervisi pengawas Pembina

 

Kepala sekolah dan pengawas pembina
4.Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian 4. Melengkapi buku sumber belajar guru 4.1 Buku pegangan guru

4.2 Buku pengayaan

4.3 Buku teks

4.4 Pengadaan alat perbaikan

Guru
5.Pemenuhan alat olah raga 5.Melengkapi alat-alat olah raga 5.1 Menambah alat olah raga yang dibutuhkan Guru kelas/guru olah raga
6.Pemenuhan alat peraga 6. Melengkapi  alat peraga 6.1 Membeli alat peraga

6.2 Membuat alat peraga

 

Guru kelas
7.Home visit 7. Melakukan kunjungan ke rumah siswa yang bermaslah 7.1 merencanakan kunjungan

7.2 Melaksanakan kunjungan

7.3 Melaporkan hasil kunjungan

Kepala sekolah dan Guru kelas
8.  Pembelian /pengadaan komputer 8. penambahan komputer 8.1 Membeli computer yang baru

8.2 Memperbaiki computer yang rusak

Kepala sekolah
Pengembangan system Penilaian 1.Peningkatan prekuensi ulangan harian 1. Pelaksanaan ulangan harian 1.1 Pembuatan soal ulangan harian

1.2 Penggandaan soal ulangan harian

Kepala sekolah dan guru kelas
2. Peningkatan Pelaksanaan UTS 2.Pelaksanaan UTS 2.1 Pembuatan soal UTS

2.2 Penggandaan soal uts

3.Pengembangan materi UAS I 3. Pelaksanaan UAS 3.1 Penyusunan kisi-kisi

3.2 Pembuatan soal UAS

3.3 Penggandaan soal UAS

3.4 Pengawasan Ruangan

3.5 Pemeriksaan hasil UAS

4.Pengembangan Materi UKK 4.Pelaksanaan UKK 4.1 Penyusunan kisi-kisi

4.2 Pembuatan soal UKK

4.3 Penggandaan soal UKK

4.4 Pengawasan Ruangan

4.5 Pemeriksaan hasil UKK

 

5. Peogram Remidial 5.Pelaksanaan Remidial 5.1 Pengawasan dan pemeriksaan hasil remidial
Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan 1. Peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan 1. Dalam kecamatan 1.1 Diklat kepemimpinan

1.2 Bintek manajemen pengelolaan sekolah

1.3 KKG tingkat gugus

1.4 Diklat KTI/ PTK

1.5 Diklat media pembelajarn

1.6 Bintek KTSP

1.7 Bintek Manajemen pengelolaan BOS

 

Dinas Pendidikan kabupaten, UPTD Pendidikan

Kepala sekolah

2.Luar kecamatan 2.1 Diklat Kepemimpinan

2.2 Bintek manajemen pengelolaan sekolah

2.3 Diklat Peningkatan Profesi Guru

 

Pengembangan sarana dan Prasarana Sekolah 1.Pemenuhan sarana dan Prasarana minimal 1.Melaksanakan Pemenuhan  sarana dan Prasarana minimal 1.1 Pengadaan media pembelajaran

1.2 Pengadaan Mebeulair

1.3 Pengadaan papan tulis

Kepala sekolah,komite dan guru
2.Pemenuhan  sarana lainnya 2.Melaksanakan Pemenuhan  sarana dan Prasarana lainnya 2.1 Pengadaan perangkat computer

2.2 Pengadaan perangkat internet

2.3 Pengadaan multi media

 

3.Pemeliharaan dan perbaikan 3.Melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan sarana dan prasarana sekolah 3.1 Pengecatan & pelaburan

3.2 perbaikan pintu / jendela

3.3 Pebaikan atap & lantai

3.4 Prbaikan pagar/halaman

3.5 Perbaikan Mebeulair

 

Pengembangan Manajemen sekolah 1. Penyusunan   RKAS 1. Membuat RKAS 1.1 Rapat pembentukan tim perumus

1.2 Identifikasi analisis SWOT

1.3 Proyeksi Program skala prioritas

1.4 Singkronisasi Program

1.5 Penyempurnaan draf

1.6 Rapat pleno/sosialisasi

 

Kepala sekolah, Komite sekolah, Guru kelas
2. Kegiatan Rapat 2. Menyelenggarakan  rapat dinas 2.1 Rapat awal tahun pelajaran/pembagian tugas

2.2  Rapat pembinaan

2.3  Rapat semester

2.4  Rapat UN/UAS

2.5  Rapat kenaikan kelas

2.6  Rapat Kelulusan

2.7  Rapat rutin/bulanan

2.8  Rapat komite sekolah

 

Kepala sekolah, Komite sekolah, Guru kelas
3.Perjalanan Dinas 3.  Melaksanakan perjalanan dinas dalam dan luar  kecamatan 3.1  Perjalanan dinas kepala  sekolah/komite sekolah

3.2  Perjalanan dinas guru

4. Akreditasi sekolah 4. Menyiapkan akreditasi sekolah 4.1 Membuat Perencanaan

4.2 Melaksanakan sosialisasi

4.3 Melengkapi keperluan akreditasi

4.4 Melaksanakan akreditasi Sekolah

4.5 Mengevaluasi hasil akreditasi sekolah

 

5. Pengelolaan BOS 5.Menyelenggarakan pengelolaan BOS 5.1 Mendistribusikan keuangan sesuai dengan yang telah dibuat

5.2 Membuat pelaporan pertanggungjawaban kegiatan

 

 

Kepala sekolah dan bendahara BOS
Pembinaan Kesiswaan/Ekstrakurikuler 1. Kegiatan siswa 1. Kegiatan rutin 1.1 Perencanaan kegiatan

1.2 Pelaksanaan kegiatan

1.3 Evaluais kegiatan

1.4 Pelaporan

Kepala sekolah ,PKS Kesiswaan, guru kelas
2. kegiatan Pramuka

 

2. Latihan Rutin 2.1 Perencanaan kegiatan

2.2 Pelaksanaan kegiatan

2.3 Evaluais kegiatan

2.4 Pelaporan

3.Pelaksanaan HUT Pramuka 3.1 Perencanaan kegiatan

3.2 Pelaksanaan kegiatan

3.3 Evaluais kegiatan

3.4 Pelaporan

4.Pelantikan 4.1 Perencanaan kegiatan

4.2 Pelaksanaan kegiatan

4.3 Evaluais kegiatan

4.4 Pelaporan

5. Kegiatan lomba 5.1 Perencanaan kegiatan

5.2 Pelaksanaan kegiatan

5.3 Evaluais kegiatan

5.4 Pelaporan

3. UKS/PMR 3. Kegiatan rutin 3.1 Perencanaan kegiatan

3.2 Pelaksanaan kegiatan

3.3 Evaluais kegiatan

3.4 Pelaporan

4. Paskibra 4. Kegiatan rutin 4.1 Perencanaan kegiatan

4.2 Pelaksanaan kegiatan

4.3 Evaluais kegiatan

4.4 Pelaporan

Kepala sekolah ,PKS Kesiswaan, Pembina paskibra / guru kelas
5.Keagamaan 5.Shalat Berjamaah 5.1 Perencanaan kegiatan

5.2 Pelaksanaan kegiatan

5.3 Evaluais kegiatan

5.4 Pelaporan

Kepala sekolah ,PKS Kesiswaan, Pembina keagamaan / guru kelas
6. Baca tulis  Alquran 6.1 Perencanaan kegiatan

6.2 Pelaksanaan kegiatan

6.3 Evaluais kegiatan

6.4 Pelaporan

Kepala sekolah ,PKS Kesiswaan, Pembina keagamaan / guru kelas /agama

 

7.Pesantren kilat 7.1 Perencanaan kegiatan

7.2 Pelaksanaan kegiatan

7.3 Evaluais kegiatan

7.4 Pelaporan

Budaya dan Lingkungan sekolah 1.Penyelenggaraan Budaya lingkungan sekolah 1.Pengembangan budaya bersih 1.1 Pembelian tempat sampah

1.2 Pembelian sapu

1.3 Pembelian alat kebersihan lainnya

Kepala sekolah, Komite sekolah, Guru kelas
2. Pemeliharaan system sanitasi & Drainase 2.1 Pemeliharaan WC Guru

2.2 Pemeliharaan WC siswa

3. Peningkatan kerjasama dengan intansi lain yang relevan 3.1 Rapat koordinasi dengan lembaga terkait
Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa/Kewira usahaan 1.   Pelaksanaan pendidikan karakter dan budaya bangsa/ kewirausahaan

 

1. Bintek kurikulum Pendidikan berkarakter 1.1 Perencanaan kegiatan

1.2 Pelaksanaan kegiatan

1.3 Evaluais kegiatan

1.4 Pelaporan

 

Kepala sekolah, Komite sekolah, Guru kelas
2.Administrasi penunjang kurikulum 2.1 Melengkapi administrasi penunjang kurikulum pendidikan berkarakter

 

 

 

  1. JADWAL KEGIATAN

 

No Uraian Program dan Kegiatan Strategis TAHUN PELAJARAN
2023/2024
Smt 1 Smt 2
I STANDAR ISI
  1.1  PENGEMBANGAN KURIKULUM
  1.2.1 Pembuatan KTSP Dokumen 1 ( revisi ) V
  1.2.2 Penyusunan KTSP Dokumen 2 V
  1.2.3 Pengembangan bahan ajar/Diktat/LKS V V
  1.2.4 Pengembangan panduan Evaluasi V V
   
2. STANDAR PROSES
  2.1   PENGEMBANGAN SILABUS
  2.1.1 Pembuatan Silabus berdasarkan  Stndar  Isi
  Dan Stndar kompetensi Lulusan V V
2.1.2 Pembuatan silabus dilakukan oleh guru V V
  2.2   PENGEMBANGAN  RPP
2.2.1 Pembuatan RPP berdasarkan prinsip- prinsip
Perencanaan pembelajaran V V
  2.3   PEMENUHAN SUMBER BELAJAR
  2.3.1  Pengadaan buku   panduan,buku pengayaan
    Buku referensi, dan buku pelajaran V V
  2.4   PENGEMBANGAN SUPERVISI DAN EVALUASI  PROSES PEMBELAJARAN
  2.4.1           Perencanaan supervisi V V
  2.4.2 Pelaksanaan supervisi V V
  2.4.3 Penilaian hasil supervisi V V
 
3 STANDAR KOMPETENSI  LULUSAN
3.1  Kompetensi Lulusan Akademik
1. Analisis Stndar Kompetensi Lulusan  3 Mapel V
2. Proyeksi Soal berdasarkan SKL 3 Mapel V
3. Pengayaan UN V
4. Latihan UN/Try out UN V
5. Ujian Sekolah V
6. Ujian Praktek V
3.2  Kompetensi Lulusan Non Akademik
1. O2SN V V
2. Kreasi seni/porseni V
3. SPKSG V V
4 STANDAR  PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
4.1 Pemenuhan jumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan V
4.2Peningkatan kompetensi  tenaga pendidik
a.     Dalam kecataman V
b.     Luar kecamatan V
6 STANDAR  SARANA DAN  PRASARANA
6.1  Pemenuhan sarana dan prasarana minimal V V
6.2  Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya V
6.3  Pemeliharaan dan perbaikan V V
6.4   Belanja barang pendukung  PBM dan   Manajemen kantor V V
6.5   Langganan daya dan jasa V V
6.6   Pengembangan budaya bersih V V
6.7   Pemenuhan sistim sanitasi/Drainase V V
6.8   Peningkatan kerjasama dengan lembaga  lain V V
6.9 Pemenuhan  Persiapan  Pembelajaran V V
6.10 Pemenuhan Pelaksanaan Pembelajaran V V
6.11 Pemenuhan fasilitas Pembelajaran/penilaian V V
6.12 Pemenuhan alat olah raga V V
6.13 Pemenuhan alat peraga V V
6.14 Pembelian/pengadaan computer V V
6.15 Kegiatan refleksi Pembelajaran V V
7 STANDAR PENGELOLAAN
7.1   Penyusunan  RKT dan RKJM V
7.2   Penyusunan  Evalusi Diri Sekolah ( EDS ) V
7.3Kegiatan Rapat V V
7.4Prjalanan Dinas
·  Dalam kecamatan V V
·  Luar Kecamatan V V
7.5Akreditasi Sekolah
7.6 Pengelolaan BOS V V
7.7    Pengelolaan  ICT V V
7.8    Penyusunan Program Suvervisi PTK V V
7.9    Penyusunan Program akademik V
7.10  Penyusunan Program non akademik V
7.11  Kegiatan Kesiswaan V V
7.12  Kegiatan Pramuka V V
7.13  UKS/PMR V V
7.14  Keagamaan V V
7.15  Kegiatan Kreativitas siswa V
7.16   Paskibra V V
8. STNDAR PEMBIAYAAN
8.1  Penyusunan RKAS / RAPBS V
8.2  Penyusunan  dan pelaporan SPJ V V
8.3  Penyusunan MOU dengan pihak lain V
8.4  Honor Tenaga Pendidik tidak tetap V V
8.5  Honor Tenaga Kependidikan tidak tetap V V
9 STNDAR  PENILAIAN PENDIDIKAN
9.1   Peningkatan  frekuensi ulangan harian V V
9.2   Peningkatan pelaksanaan UTS V V
9.3   Pengembangan materi UAS 1 V V
9.4   Pengembangan materi UKK V
9.5   Program  remidial V V

 

BAB V

RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH

RKAS
STANDAR PROGRAM DAN KEGIATAN SATUAN/ VOLUME SUMBER DANA DAN ALOKASI ANGGARAN
RUTIN

( Rp )

BOS

( Rp )

BKSM/USKM

( Rp )

BLOCKGRAND

( Rp )

SUMBERLAIN

( Rp )

JUMLAH

( Rp )

Isi PENGEMBANGAN KURIKULUM
Pembuatan KTSP Dokumen  1
Konsumsi pembuatan KTSP 8 org x Rp.15,000 x 5 hari 600,000 600,000
Penyusunan KTSP dokumen 2
Konsumsi identifikasi standar isi 8 org x Rp.15,000 x 4 hari 480,000 480,000
Konsumsi merumuskan indicator 8 org x Rp.15,000 x 4 hari 480,000 480,000
Konsumsi penyusunan silabus 8 org x Rp.15,000 x 5 hari 600,000 600,000
Konsumsi membuat RPP 8 org x Rp.15,000 x 5 hari 600,000 600,000
Pengembangan bahan ajar
Konsumsi membuat bahan ajar 8 org x Rp.15,000 x 5 hari 600,000 600,000
Pengembangan panduan Evaluasi
Konsumsi penyusunan kisi-kisi 8 org x Rp.15,000 x 5 hari 600,000 600,000
Konsumsi Penyusunan master soal 8 org x Rp.15,000 x 4 hari 480,000 480,000
JUMLAH 5,040,000
Program Remidial 8 org Rp.25,000x 5 kali 1,000,000 1,000,000
Pemenuhan pelaksanaan pembelajaran
Kelengkapan administrasi kelas  6 kls x 1 smster 6 kls x Rp.250,000 1,500,000 1,500,000
Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian
Pemenuhan alat prkatek 6 kls x Rp.150,000 900,000 900,000
Pengadaan buku pegangan guru  9 mapel 54 eks x Rp. 25,000 13,500,000 13,500,000
Pengadaan buku referensi                ( perpustakaan )
Pengadaan buku paket  seluruh siswa 260 eks x Rp. 20,000 5,200,000 5,200,000
Pengadaan Buku LKS ( 260 siswa x 3 mapel ) 260 eks x Rp. 10,000 2,600,000 2,600,000
Penerimaan siswa baru
Pengadaan formulir ( 2 lbr x 60 siswa ) 60 org x 2 lbr x Rp.1000 120,000 120,000
Format bio data siswa baru                  ( 2 lbr x 60 siswa ) 60 org x 2 lbr x Rp.1000 120,000 120,000
ATK ( PSB ) 150,000 150,000
Honor panitia PSB (  8 org ) 8 org x Rp. 50,000 400,000 400,000
Konsumsi panitia PSB ( 6 org ) 8 org x Rp. 15,000 x 4 hri 480,000 480,000
Kegiatan pembinaan olahraga 4 org x Rp.15,000x 6 kali 360,000 360,000
Kegiatan kreasi seni 4 org x Rp.15,000x 6 kali 360,000 360,000
Kegiatan pramuka
Transport siswa diperkirakan 1,450,000 1,450,000
Transport  pembimbing diperkirakan 1,250,000 1,250,000
Konsumsi pembimbing dan siswa diperkirakan 1,600,000 1,600,000
Honor pembimbing diperkirakan 1,500,000 1,500,000
Kegiatan SPKS dan SPKGS
Transport siswa 40 org x Rp. 25,000 1,000,000 1,000,000
Transport  pembimbing 6 org x Rp.50,000 x 4 kali 1,200,000 1,200,000
Konsumsi pembimbing dan siswa 46 org x Rp.15,000 x 4 kali 2,760,000 2,760,000
Honor pembimbing 6 org x Rp.50,000 x 4 kali 1,200,000 1,200,000
Kegiatan PMR/ UKS
Konsumsi peserta dan pembimbing diperkirakan 1,450,000 1,450,000
Transport peserta dan pembimbing diperkirakan 1,250,000 1,250,000
JUMLAH 41,350,000
   
Kompetensi Kompetensi Lulusan Akademik  
Lulusan Analisis Standar Kompetensi Lulusan  
  Konsumsi  penyusun 8 org x Rp.15,000x 5 hari 600,000 600,000
  Pengayaan Ujian Nsional / UN
  Konsumsi  Penyusun 8 org x Rp.15,000x 5 hari 600,000 600,000
  Pemantapan persiapan UN
  Konsumsi pembuatan kisi-kisi     (3 mapel ) 3 org x Rp.15,000x 5 hari x 2 450,000 450,000
  Konsumsi pembuatan naskah        (3 mapel ) 3 org x Rp.15,000x 5 hari x 2 450,000 450,000
  Penggandaan naskah soal 40 org x 3 x5 lbr x Rp.150 x 2 180,000 180,000
  Konsumsi pengawasan ruangan 4 org x Rp.15,000 x 3 hri x 2 360,000 360,000
  Honor pemeriksaan  latihan UN 3 mpx 40 x 1 lbr x Rp.1000 240,000 240,000
  Kebutuhan ATK diperkirakan 300,000 300,000
  Ujian praktek
  Konsumsi ujian praktek 4 org x Rp.15,000 x 6 hari 360,000 360,000
  Ujian Sekolah
  Konsumsi pembuatan kisi-kisi 7 org x Rp.15,000x 5 kali 525,000 525,000
  Konsumsi pembuatan naskah 7 org x Rp.15,000x 5 kali 525,000 525,000
  penggandaan naskah soal 40 org x 7 mpx3 lbr x Rp.150 126,000 126,000
  Konsumsi pengawasan ruangan 4 org x Rp.15,000 x 6 hari 360,000 360,000
  Honor pemeriksaan hasil latihan US 6 mapel 7 mpx 40 x 1 lbr x Rp.1000 280,000 280,000
  Kebutuhan ATK diperkirakan 150,000 150,000
  Honor panitia Ujian Sekolah 4 org x Rp.100,000 400,000 400,000
  Pelaksanaan Ujian Nasional /UN
  Honor pengawasan  ruangan 4 org x Rp.25,000 x 3 hari 300,000 300,000
  Konsumsi pengawasan ruangan 4 org x Rp.15,000 x 3 hari 180,000 180,000
  Honor panitia UN 4 org x Rp.100,000 400,000 400,000
  Honor penulisan  dan penandatanganan  Ijazah 40 org x Rp.15,000 600,000 600,000
  Kebutuhan ATK diperkirakan 150,000 150,000
  JUMLAH 7,536,000
     
 

 

   
Pendidik dan Tenaga Kependidikan Transport  pelatihan kepala sekolah 2 kali 1 org x Rp.150,000 x 2 kali 300,000 300,000
  Transport diklat kepemimpinan 1 org x Rp.150,000 x 2 kali 300,000 300,000
  Transport bintek manajemen pengelolaan sekolah 1 org x Rp.150,000 x 2 kali 300,000 300,000
  Konsumsi kegiatan KKG  8 org 8 org x Rp.50,000 x 6 kali 2,400,000 2,400,000
  Transport kegiatan KKG  8 org 8 org x Rp.50,000 x 4 kali 1,600,000 1,600,000
  Transport kegiatan K3S 1 org x Rp.150,000 x 3 kali 450,000 450,000
  Transportt kegiatan bintek KTSP 8 org x Rp.100,000 x 2 kali 1,600,000 1,600,000
  Transport bintek pengelolaan BOS  2 org 2 org x Rp.100,000 x 3 kali 600,000 600,000
  Honor Guru sukwan bulanan 2 org x Rp.500,000 x 12 bln 12,000,000 12,000,000
  Honor Tenaga Kependidikan 1 org x Rp.250,000 x 12 bln 3,000,000 3,000,000
  JUMLAH 22,550,000
Sarana Dan Pemeliharaan bangunan sekolah  
Prasarana Pengecatan/pelaburan  bangunan ( ruang kelas ) 6 galon x Rp.350,000 2,100,000 2,100,000
Perbaikan pintu dan jendela sekolah Diperkirakan 1,500,000 1,500,000
Perbaikan lantai dan atap sekolah Diperkirakan 1,200,000 1,200,000
Perbaikan pagar halaman sekolah Diperkirakan 1,250,000 1,250,000
Belanja bahan perawatan sekolah Diperkirakan 2,850,000 2,850,000
Upah kerja tukang dan laden Diperkirakan 1,750,000 1,750,000
Pemeliharaan alat kantor
Pemeliharaan mebelair Diperkirakan 2,500,000 2,500,000
Pemeliharaan inventaris kantor Diperkirakan 3,450,000 3,450,000
Pengadaan / kebutuhan
  Spanduk  200 cm x 60 cm 1 buah x Rp.250,000 2,500,000 2,500,000
  Media pembelajaran 4 mapel 1,500,000 1,500,000
  Meja dan kursi guru 600,000 600,000
  Papan tulis / whit board 500,000 500,000
  Meja dan kursi siswa 1,500,000 1,500,000
  Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya
  Perangkat computer dan internet/ printer 2,500,000 2,500,000
  Multi media 1,250,000 1,250,000
  Peralatan UKS 1,450,000 1,450,000
  Pemenuhan alat olah raga
  Bola sepak 2 buah x Rp.250,000 500,000 500,000
  Bola voly 2 buah x Rp.250,000 500,000 500,000
  Net voly 2 buah x Rp.150,000 300,000 300,000
  Pemenuhan alat peraga
  IPA 1,350,000 1,350,000
  IPS 1,250,000 1,250,000
  Kesenian 1,450,000 1,450,000
  PAI 1,250,000 1,250,000
  Pengembangan budaya bersih
  Belanja sapu ijuk 24 buah xRp. 25,000 600,000 600,000
  Belanja tempat sampah 12 buah x Rp.50,000 600,000 600,000
  Belanja lap tangan 12 buah x Rp.25,000 300,000 300,000
  Belanja lap lantai 12 buah x Rp,35,000 420,000 420,000
  Belanja ember plastik 12 buah x Rp.15,000 180,000 180,000
  Pemeliharaan  system sanitasi
  Pemeliharaan WC siswa dan guru Diperkirakan 1,846,000 1,846,000
  Upah kerja Diperkirakan 1,450,000 1,450,000
  JUMLAH 40,396,000
Pengelolaan  
Konsumsi kegiatan rapat  
Awal tahun pelajaran / PSB 8 org x Rp.15,000x 5 hri 600,000 600,000
Pembinaan pegawai/ guru 8 org x Rp.15,000x 6 hri 720,000 720,000
UAS/UAS-BN  8 org 8 org x Rp.15,000x 2 hri 240,000 240,000
Kenaikan kelas  8 org 8 org x Rp.15,000x 2 hri 240,000 240,000
Kelulusan  8 org 8 org x Rp.15,000x 2 hri 240,000 240,000
Komite sekolah  4 org 8 org x Rp.15,000x 5 hri 600,000 600,000
Persiapan SPKS/lomba – lomba 8 org x Rp.15,000x 4 hri 480,000 480,000
Pengelolaan BOS
Honor pengelolaan  2 org 2 org xRp.200,000x 12 bln 4,800,000 4,800,000
Transport pengambilan dana 2 org x Rp.200,000 x 4 kli 1,600,000 1,600,000
ATK  SPJ  4 Triwulan Diperkirakan 1,650,000 1,650,000
JUMLAH 11,170,000
   
Pembiayaan Pendukung PBM dan manajemen kantor  

 

 
Kerta HVS 20 rim x Rp.35,000 700,000 700,000
kertas polio 10 rim x Rp.15,000 150,000 150,000
kapur tulis 60 dus x Rp. 3,500 210,000 210,000
Buku agenda guru 6 eks x Rp. 40,000 240,000 240,000
Tinta printer 16 btl x Rp. 100,000 1,600,000 1,600,000
Pensil / pulpen dan spidol 6 set x Rp. 50,000 300,000 300,000
Buku inventaris 2 eks x Rp.100,000 200,000 200,000
Buku gaji/keuangan 2 eks x Rp.100,000 200,000 200,000
Buku induk 2 eks x Rp.200,000 400,000 400,000
Belanja makanan dan minuman
Gula kopi  dan susu Diperkirakan 2,350,000 2,350,000
Makanan ringan Diperkirakan 2,250,000 2,250,000
  Langganan Daya dan Jasa
  listrik Diperkirakan 850,000 850,000
Telepon dan internet Diperkirakan 900,000 900,000
Majalah dan Koran Diperkirakan 2,250,000 2,250,000
JUMLAH 12,600,000
 
 
 
Penilain Peningkatan frekuensi ulangan harian  
Pendidikan Penggadaan soal 9 mapel x 236 siswa x 5 kali x 1 lbr x 2 smester 260 org x 6 kali x 2 lbr x 2 936,000 936,000
Kegiatan Ulangan Tengah Semester  
Konsumsi penyusunan soal 6 org x Rp.15,000 x 2 kali 180,000 180,000
Penggandaan naskah 260 org  x 4 lbr x Rp.150 x 9 1,404,000 1,404,000
Honor pemeriksaan  9 mapel 6 org x Rp.25,000 x 2 kali 300,000 300,000
Konsumsi praktek 9 mapel 6 org x Rp.15,000 x 2 kali 180,000 180,000
Kegiatan Ulangan Akhir Semester I
Konsumsi pembuatan kisi-kisi 6 org x Rp.15,000 x 5 hari 450,000 450,000
konsumsi pembuatan naskah 6 org x Rp.15,000 x 5 hari 450,000 450,000
penggandaan naskah 260 org  x 4 lbr x Rp.150 x 9 1,404,000 1,404,000
Konsumsi pengawas ruangan 6 org x Rp.15,000 x 5 hari 450,000 450,000
Honor pengolahan nilai 6 org x Rp.50,000 300,000 300,000
Honor pengisian raport 6 org 6 org x Rp.50,000 300,000 300,000
Kegiatan Ulangan Kenaikan Kelas ( UKK )
Konsumsi pembuatan kisi-kisi 6 org x Rp.15,000 x 5 hari 450,000 450,000
konsumsi pembuatan naskah 6 org x Rp.15,000 x 5 hari 450,000 450,000
penggandaan naskah 260 org  x 4 lbr x Rp.150 x 9 1,404,000 1,404,000
Konsumsi pengawas ruangan 6 org x Rp.15,000 x 5 hari 450,000 450,000
Honor pengolahan nilai 6 org x Rp.50,000 300,000 300,000
Honor pengisian raport 6 org 6 org x Rp.50,000 300,000 300,000
Konsumsi penguji praktek 6 org x Rp.15,000 x 5 hari 450,000 450,000
JUMLAH 10,158,000
  JUMLAH TOTAL 150,800,000 150,800,000

 

BAB VI

PENUTUP

 

Kesimpulan

Sebagaimana uraian di atas,bahwa Rencana Kerja Tahunan ( RKT ) SD DAYA SUSILA UPTD Pendidikan Kecamatan Garut Kota  Kabupaten Garut, yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2023/2024  dengan sasaran program sebagai berikut :

  1. Program berdasarkan aspek pemerataan,kualitas,relevansi,efisiensi dan kapasitas sekolah
  2. Program berdasarkan aspek pengembangan kompetensi lulusan, pengembangan kurikulum, pengembangan proses pembelajaran, pengembangan sistim penilaian, pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, pengembangan sarana dan prasarana sekolah, pengembangan manajemen sekolah, pengembangan kegiatan kesiswaan, pengembangan budaya lingkungan sekolah, pengembangan pendidikan berkarakter ,dan kegiatan non program sekolah.

Saran

Dengan adanya Rencana Kerja Tahunan ( RKT ) SD Daya Susila  ini diharapkan dapat :

  1. Membantu dan  mendorong pencapaian APM dan APK khususnya di kecamatan Garut Kota umumnya di kabupaten Garut.
  2. Membantu sekolah dalam menentukan program yang diprioritaskan sesuai dengan kebutuhan di sekolah
  3. Memfungsikan semua komponen sekolah baik warga sekolah maupun orang tua peserta didik
  4. Memotivasi peran serta mastarakat untuk terlibat secara langsung  dalam menyukseskan wajib belajar 9 tahun dan peningkatan mutu Pendidikan.i

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top