Program Management Office (PMO) level sekolah merujuk pada sebuah departemen atau tim yang bertanggung jawab mengendalikan program-program di sekolah agar dapat terorganisasi lebih baik. Fungsi PMO di level sekolah meliputi beberapa hal, di antaranya:
- Merencanakan program-program sekolah, termasuk dalam hal anggaran, tenaga kerja, dan jadwal pelaksanaan.
- Memastikan bahwa program-program yang dilaksanakan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah.
- Mengelola risiko, konflik, dan masalah yang muncul selama program berjalan.
- Meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen program melalui penyediaan alat dan proses yang dibutuhkan.
- Mengembangkan, mengimplementasikan, dan memantau standar dan prosedur manajemen program yang konsisten di seluruh sekolah.
- Memberikan bimbingan dan arahan kepada para pengelola program di sekolah dalam menyelesaikan masing-masing program.
- Memonitor dan melaporkan perkembangan program secara berkala kepada kepala sekolah, dan memberikan informasi yang diperlukan untuk pengambilan kebijakan.
PMO sekolah dapat membantu koordinasi antara program-program di sekolah, sehingga dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien. PMO dapat memastikan keselarasan antara program-program, dan menyusun strategi yang tepat untuk mencapai tujuan sekolah. with the efficient and effective implementation of the programs in the school.